Rabu, 10 November 2010

Cuaca Cerah, Merapi Tampak Jelas Pagi Ini

Pagi ini awan dan kabut yang biasanya menyelimuti puncak Merapi tidak terlihat. Gunung teraktif di Indonesia ini pun dapat dilihat dengan jelas dari kawasan Yogyakarta.Pengamatan detikcom, badan Merapi yang berwarna biru dapat dilihat dari arahselatan dan terlihat menawan dipadu dengan warna langit yang berwarna lebihmuda. Bahkan visual juga masih tampak terlihat dengan seksama dari kawasanBantul yang berada di sebelah selatan kota Yogyakarta.

Dari pengamatan di kejauhan, di puncak Merapi terlihat asap tebal berwarna putih yang melengkung ke arah barat. Sedangkan di lereng gunung terlihat embun pagi yang membuat bagian tersebut kurang begitu jelas.
Pemandangan indah ini menarik perhatian masyarakat yang pagi ini tengah memulai aktivitas. Tak sedikit yang behenti kendaraanya atau setidaknya menoleh ke arah utara untuk menyempatkan melihat Merapi yang tidak setiap pagi dapat terlihat jelas tersebut.

"Melihat Merapi Mas. Pemandangane apik (bagus)," ujar salah seorang pelajarMadrasah di Piyungan, Bantul yang menyempatkan diri untuk berhenti darisepedanya untuk melihat pemandangan Merapi, Rabu 10/11/2010).Semakin ke utara pemandangan semakin tampak jelas. Seperti yang terlihat di Jl solo. Banyak masyarakat yang menyempatkan diri untuk turun dari kendaraannya untuk sekadar melihat atau pun mengabadikan dengan kamera ponsel.


Seperti kemarin, Merapi pada malam sampai pagi hari ini intensitasnya relatif menurun. Namun suara gemuruh tetap terdengar jelas dari sejumlah pos pengamatan seperti di Balerante, Klaten dan Pakem, Sleman."Asap vulkanik terlihat jelas ke arah barat. Ada guguran kecil. Gemuruh tetap terdengar. Gitu ganti," ujar salah seorang petugas di pos tiga, Balerante Klaten, via handytalky.

Cuaca cerah memang tengah menyelimuti daerah Sleman, Yogyakarta dan Bantul pada pagi ini setelah semalam hujan lebat mengguyur wilayah tersebut.

1 komentar: