Jumat, 12 November 2010

Lahar Dingin Mengalir Deras, Jembatan di Mungkit Magelang Terancam Putus

Lahar dingin mengalir deras di sejumlah sungai di Magelang, Magelang, Jawa Tengah. Akibatnya, jembatan di daerah Progowati, Mungkit, Magelang, tidak bisa digunakan. Jembatan ini ditutup karena tiang penyangganya hampir putus."Tiang penyangganya sudah hampir patah, sehingga ditutup," kata Nursahid warga Bekelan XI, Sendangagung, Minggir, Sleman, Yogyakarta, melalui Info Anda detikcom, Jumat (12/11/2010).

Nursahid menyatakan, arus kuat lahar dingin di daerah itu terjadi pada Sabtu, 6 November lalu. Awalnya jembatan itu masih bisa digunakan, namun kemarin tiang penyangganya hampir patah. "Sekarang ditutup dengan tong dan juga kayu," katanya. Nursahid menjelaskan, jembatan itu adalah jalan anternatif dari Wates menuju Magelang. Akibat ditutupnya jembatan ini, warga sekitar harus memutar melalui jalur utama Yogyakarta-Magelang. "Saya kemarin harus memutar melalui jalur utama, sehingga menjadi lebih lama," katanya.

Nursahid menyatakan kondisi Magelang hari ini cerah, namun debu tipis Merapi masih terasa. Penduduk juga masih mengenakan masker karena debu-debu Merapi di pinggir jalan belum hilang. "Kalau mobil lewat debunya berterbangan, jadi tetap harus menggunakan masker," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar